POACE


Planning

Planning adalah perencanaan. Untuk membuat sutu program kerja pasti diperlukan perencanaan yang matang. Perencanaan dimulai dengan munculnya ide atau alasan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Contoh dari kegiatan perencanaan misalnya dengan membuat time schedule.

Organizing

Organizing adalah kepanitiaan. Setelah membuat perencanaan langkah selanjutnya membuat kepanitiaan (organizing committe). Dengan adanya kepanitiaan yang terstruktur maka pekerjaan akan berjalan sistematis.

Actuating

Actuating adalah penggerakan. Panitia yang saling membantu dan kompak sehingga apapun berjalan dengan lancar. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan kerjasama.

Controlling

Controlling adalah pengontrolan. Tujuan pengontrolan ini adalah agar kegiatan dapat berjalan sesuai susunan acara dan konsep yang telah disepakati sebelumnya, sehingga kegiatan tersebut membuahkan hasil yang maksimal.

Evaluating

Evaluating adalah mengevaluasi. Evaluasi perlu dilakukan karena dengan adanya setiap permasalahan atau kekurangan yang terjadi dapat diketahui dan dikumpulkan sebagai arsip, sehingga pada  kegiatan serupa yaang selanjutnya dapt dijadikan pelajaran dan diharapkan untuk kegiatan selanjutnya tidak terulang permasalahan yang serupa.


POACE secara keseluruhan berarti pengelolaan dalam sistem managemen.
Sistematis berasal dari kata sistem, artinya hubungan antar unsur-unsur yang berkesinambungan agar dapat mencapai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar